Wednesday, January 26, 2011

Beneran nih mau jadi BOS? Kalo jadi PEMIMPIN?



Kalo kita denget kata BOS, kata yang pertama kali muncul di pikiran kita mungkin nggak jauh-jauh dari atasan, serem, galak, ngatur, bijaksana, dll. Nah, terus kalo kita denger kata PEMIMPIN? Kata apa yang bakal muncul pertama kali di pikiran kita? Samakah dengan BOS? Nah lo… (mikir dikit nggak papa yah., hehehe)
Jadi BOS samakah kaya PEMIMPIN? Walopun mereka sama-sama jadi orang yang paling depan dan paling tinggi, (secara harfiah loh ya, bukan secara langsung BOS sama pemimpin itu orang yang suka duduk paling depan dan badannya paling tinggi, ^^V *Kabur) tapi sebenernya ada bedanya dalam penggunaannya. Jujur nih, Pemimpin kedengeran lebih ‘alim, tapi kalo BOS kedengeran lebih garangnya, bener nggak?

PEMIMPIN adalah mereka yang ada di depan; PEMIMPIN adalah mereka yang menentukan jalan; PEMIMPIN adalah mereka yang memiliki visi dan impian; PEMIMPIN adalah mereka yang menginspirasi; dan PEMIMPIN adalah mereka yang menerima semua serangan, cemoohan, kritik, dan tanggung jawab ketika terjadi sesuatu yang salah dan tidak beres.” (*)

Ini nih bedanya BOS sama PEMIMPIN (*)
Seorang Pemimpin
Seorang BOS
Memimpin
Memerintah
Mendapatkan kekuatan dari pengikut
Mendapatkan kekuatan dari posisi
Memimpin dengan melakukan
Memimpin dengan instruksi
Peduli pada hasil dan pengikut
Peduli pada hasil
Membagi pujian
Menerima pujian
Memikul tanggung jawab bersama
Menyalahkan orang lain
Menjadi seorang Ayah atau Ibu
Menjadi seorang atasan
(*) Dedy Dahlan, Start Young:2009

Jadi, buat temen-temen yang bakalan jadi pemimpin di negeri yang kita cintai ini, minimal mimpin diri kita sendiri dan ntar mimpin anak dan istri kita, tentuin and persiapin waktu kepemimpinan kita dengan persiapan yang paling baik untuk jadi seorang pemimpin, bukan jadi bos. And buat temen-temen yang sekarang udah jadi ketua and mengepalai orang-orang hebat di negeri ini, masih ada waktu untuk evaluasi kan? Berubah kearah yang lebih baik sangat ditunggu oleh banyak orang. =)

Jangan bingung dulu jadi pemimpin yang baik tuh gimana caranya, pertama bisa ngikutin buku panduannya yang mutlak pertama kali jadi tuntunan, apalagi kalo bukan AL-QUR’AN kita. Di dalemnya, ada aturan-aturan, cerita inspiratif, hukum, ekonomi, sains, dan masih banyak lagi yang bisa kita ambil manfaat and hikmahnya. Jadi pemimpin pun harus punya tokoh inspiratif, panutan dan kudu ‘gFans berat sama orang itu. Tak lain dan tak bukan Nabi Muhammad saw kita, nabi tercinta dan yang paling ingin kita temuin. Kita bisa nyontoh beliau gimana cara menjadi pemimpin yang paling super-duper baik, bijaksana, adil, berani, tanggung jawab, cerdas, jujur, ‘gHandle suatu masalah, dll. (semoga kita dipertemukan denganNya di akhirat nanti, amiin ya Rabb). Sisanya, temen-temen bisa kreatif sendiri dengan cara temen-temen dalam memimpin, kali aja dengan cara temen-temen, ada yang ‘gFans dan nJadiin temen-temen sebagai inspirator kepemimpinannya, ya nggak?

iosh., sekarang waktunya untuk mendoakan para pemimpin negeri kita agar mereka lebih membuka matanya (baca=mata hati), lebih bisa mendengar tangisan-tangisan rakyatnya (tangisan kesedihan bagi mereka yang merasa diabaikan, tangisan haru dan bangga bagi mereka yang telah berjasa mengharumkan bangsa, dan tangisan kepura-puraan bagi mereka yang telihat manis, tapi pahit dan beracun didalamnya), agar para pemimpin kita bisa lebih sabar dan sadar, bisa lebih mementingkan rakyatnya dibandingkan kepentingan pribadi (kaya yang diajarin guru SD ku dulu), lebih dimudahkan dalam mengurus, memelihara dan memimpin demi kebaikan negeri ini, serta agar dapat berkarya dan mendukung untuk kemajuan INDONESIA. Amiin ya Rabb..,

0 comments:

 
Copyright (c) 2010 Bermula dari Awal and Powered by Blogger.