Saturday, March 26, 2011

Selamat Menjalankan Ibadah UTS

     Ga kerasa udah setengah semester ato lebih kurang tiga bulan kita kuliah di semseter genap taun ini. Dan konsekuensi dari ga kerasa itu, UTS udah deket. "Udah siap?? Oh tentu saja belum *sambil masang simpul senyum di bibir." Temen-temen saya kebanyakan pada bilang kek gitu kalo saya tanya (termasuk saya juga kalo ditanya sama orang lain.hehehe).

     Saya ga bisa ngasih saran apa-apa, karena saya sendiri pun sepertinya butuh saran dari orang lain. ^^V. Tapi satu hal yang saya inget dari suatu majalah langganan saya dulu pas SMA tentang Tips menghadapi ujian dalam waktu 10 menit.

 1. Kendaliin emosi kamu dulu
     Jangan kepancing sama waktu 10 menit, kamu udah jingkrak-jingkrak, hati gelsisah dan ga nyaman pas mau ngerjain dan pas mbaca materi. Walhasil, semua persenjataan yang udah kamu bawa dan benahi bakalan nembakin and nyerang diri kamu sendiri. Nyantai aja lah, 10 menit itu sama dengan 10 x 60 detik. Ada 600 itungan. Sekali lagi enam ratus itungan. So, 10 menit itu sebenernya lamaaa..., dibuat kalem ja coy.., =)

2. Fokus pada catetan-catetan penting
     Karena waktu yang tersisa cuman 10 menit, so fokuslah sama catetan-catetan yang penting aja. Kaya notes, rumus-rumus, ato yang udah kamu kotak-kotakin pake stabilo dan kawan-kawan. Baca dan pahami.

3. Cek perlengkapan ujian
     Biasanya tuh ada aja yang ketinggalan, entah itu pulpen, pensil, penghapus, dan teman-temannya lah. Nah manfaatin dalam 10 menit ini untuk Check and Rechek lagi perlengkapannya. Kartu ujian (bisa didapet di http://www.ittelkom.ac.id/nilai) tuh yang biasanya fatal, sama KTM juga. Ato biasanya tuh yang urgent banget kalo kita suruh bawa notes dan alat bantu kek tabel, diagram dan lain sebagainya.

     iosh., after all., kita tahu apa and gimana aja cara kita membekali diri ngadepin UTS kali ini. Kalo ada anggepan UTS=Ujian Tak Serius, maka ujung-ujungnya kita bakal keteteran kalo nganggep ujian ga serius, padahal ga sedikit mata kuliah yang ngasih bobot nilai UTS 40%. "Mempersiapkan lebih aman dari pada Keteteran dikemudian waktu". Bener ga?

     awal to begin dari itu semua, berdoalah kepada Allah untuk kesuksesan UTS kali ini, mintalah tuk dibukakan akal dan hati kita agar UTS ini bermakna. Sembari berdoa, jangan lupa usaha kita dalam memahami dan mengerti materi kuliah (baca=belajar dan latihan). Dan yang paling penting, Minta restu Ayah Ibu yang ada di Rumah sana. Kita nggak bakal tau kalo bantuan Allah dateng dari mana aja tanpa kita duga. Dan Doa Ayah Ibu kita akan membukakan jalan bantuan itu untuk kita. =). Serta jangan lupa jaga kesehatan fisik dan rohani kita ya., Jangan sampe kita sakit pra dan pasca-UTS dan jangan sampe kita jadi stres pasca-UTS ntar., Naudzubillahimindhalik (aku berlindung kepada Allah atas hal tersebut)

SELAMAT UTS KAWAN., SEMOGA NILAInya MEMUASKAN dan MENCAPAI TARGET..
GANBATTE KUDASAI...

0 comments:

 
Copyright (c) 2010 Bermula dari Awal and Powered by Blogger.