Wednesday, March 02, 2011

Sebutlah Tantangan dengan Ilmumu

     Pasti kita punya banyak mimpi and keinginan yang pengen dicapai dalam hidup yang singkat ini. And tentunya, dalam mencapainya pun nggak tiba-tiba langsung dapet gitu aja. Nggak asyik kan kalo semua mimpi kita didapet tanpa perjuangan apa pun? Kaya sayur tanpa garam, kaya gula tapi ga manis and kaya malem nggak ada bintang. 


     Visi terindah dan terbaik yang kamu buat mungkin udah dipikirin mateng-mateng sebelum gosong and jauh-jauh hari. Tinggi atau pun nggak tinggi visi itu, cuman satu jawabannya. Tercapai atau Nggak Tercapai. "Saya tidak yakin bisa melakukannya, tapi itu malah menambah motivasi saya. Kegairahannya terletak pada mencapai sesuatu di atas batasan saya, dan bukan memasang target yang saya tahu dapai dicapai. Saya ingin bekerja sama dengan alam-bukan melawannya-untuk mencapai puncak dan titik tertinggi saya.Pada akhirnya, bukan gunung yang saya taklukkan; saya mungkin berdiri sejenak di puncaknya, namun pencapaian sebenarnya adalah menaklukkan keraguan dan ketakutan saya sendiri." (*)


     Aku sendiri suka hiking. Walaupun masih amatiran (dan bisa dibilang sangat amatir sekali.,hehehe). Kesan indah ketika hiking adalah kita akan selalu naik seberapa lelahnya kita, kita tetep naik walaupun sering istirahat and kita tetep naik and lanjut walaupun semua badan dah mulai teriak pengen mogok naik.


     Yang penting kawan, kita tahu visi yang bakal kita lakuin and yang pengen kita capai. "Kalau Anda tidak tahu dasarnya, hasilnya biasanya mengecewakan. Ketika Anda mencari jalan pintas, Anda kehilangan ketrampilan dasar. Tanpa dasar yang sesuai, bahkan kemampuan yang ada akan terguncang dan gugur kali pertama Anda menghadapai masalah atau kebuntuan. Seperti kata pepatah, TIDAK ADA JALAN PINTAS MENUJU KESUKSESAN"(*). Bukankah Allah juga udah selalu ngingetin kita, kalo kita harus and kudu ngelakuin sesuatu atas dasar ilmu (pengetahuan), bukan asal ikut-ikutan doang?


     iosh., ILMU kawan., ilmu dulu yang harus kita kuasai untuk mencapai visi kita. Ibaratnya tuh kalo kita pengen masak sesuatu (kebetulan saya lagi laper, jd saya contohin masak-memasak., hehehe.,=P). Kalo kita tahu ilmunya gimana cara memotong sayuran yang baik, gimana caranya masak telur yang ga kematengan ataupun ga terlalu mentah, kapan waktunya masukin bumbu biar cepet meresap, kapan timing yang pas untuk matiin apinya., Pasti masakan kita bakal enak and dapet appreciate yang baik dari orang rumah kan? Sama juga kaya visi kita kawan., tak jauh beda kok., kalo kita dah ngerti ilmunya. Tentunya, ilmu untuk mencapai visi kita itu, ya yang tahu pribadi kita masing-masing. Kapan baiknya kita kudu ngerjain ini, ngerjain itu, kapan baiknya kita istirahat, kapan baiknya timing buat kita maen, apa yang dilakuin duluan, apa solusi kalo kita lagi BT sama seseorang, gimana biar emosi kita ga labil mulu, dan laen-laen. Kita udah gedhe kan? Dah nyaris kepala 2 tuh umur... hehehe. Jadi aku yakin pasti temen-temen bisa.,=)


"Satu cara untuk tidak kehilangan keyakinan diri-di sebuah gunung tinggi atau dalam sebuah proyek besar adalah menyadari bahwa di masa lalu Anda telah berhasil melakukan apa yang Anda katakan akan lakukan dalam skala yang lebih kecil........ Belajar dan ambil keuntungan dari masa lalu, tapi hiduplah pada masa kini dan ciptakan kehidupan yang Anda inginkan. Sekali Anda memercayai diri sendiri, Anda akan memercayai diri sendiri lebih dan lebih lagi. Begitu Anda yakin pada diri sendiri, seluruh dunia anda akan berubah!" (*)


     Awal tu Begin itu semua, apa lagi kalo bukan mengenal Allah kita yang Maha Berilmu dan Maha Bijaksana lagi Maha Adil. Karna semua visi yang udah kita bangun+buat+rancang dengan lama and mateng banget nggak ada apa-apanya kalo Allah nggak menghendaki kita untuk mencapainya. So, kenali Allah, PDKTlah kepada-Nya, Berikan senyum dan sifat serta sikap terbaik dan terindahmu untuk-Nya., Menangislah untukNya, dan peluklah kasih sayangNya dan lakukan usaha terbaikmu kawan. (Kamu juga Dit!!)
Maha Suci Allah atas semua sifat-sifatnya..


Ganbatte Kudasai.., ^^V
Dan jadilah salah satu dari mereka yang udah menaklukkan "Gunung-Gunungnya"! =)



(*) Gary P. Scott, Everest In Your Life:2005

2 comments:

 
Copyright (c) 2010 Bermula dari Awal and Powered by Blogger.