Thursday, March 17, 2011

Syukurin Diri Kita Dulu Yuk Sebelum Syukurin Yang Lain

     Sudahkah kamu bersyukur pada dirimu sendiri? mungkin itu pertanyaan yang paling mendasar banget. Yap, bersyukur atas tubuh dan kemampuan sendiri: Mulai dari yang keliatan, sampe yang ga keliatan; dari ujung kaki sampe ujung rambut; dari kemampuan yang sepele sampe kemampuan yang expert.


     iosh., karna rasa syukur itu indah kawan. Nggak ada yang bikin kamu was-was atau pun jadi nggak mood ato BT atau yang paling parah jadi kesel ama sesuatu. "Rasa syukur adalah keaktifan berdasarkan modal yang ada" (*). Karna tiap rasa syukur yang kita rasakan, akan membawa kita lebih deket ke "KESADARAN bahwa DIRI KITA SANGAT BERHARGA, bahkan LUAR BIASA BANGET".


     Melalui rasa syukur, kemampuan kita akan bertambah. mungkin dah banyak orang bilang: "Kalo Allah memberi sesuatu berdasarkan daya terima masing-masing orang". Nggak mungkin Allah memberi kita se-ember air kalo kemampuan kita baru nyampe menampung lima gelas air. Rasa syukur ini bukan pasif kawan, tapi justru malah aktif. Aktif dalam menerima sesuatu sesuai dengan kadarnya. Aktif dalam memanfaatkan sesuatu yang diberi sesuai kadar kemampuannya. Aktif dalam memahamai kemampuannya sekarang.
"Atau gampangnya gini, kamu mau dagang dan diberi modal sekian rupiah. ceritanya pemodal kamu ini sangat luar biasa bijaksana dan memiliki satu aturan pokok "jika kamu berhasil memanfaatkan modal ini, kuberi kamu tujuh puluh kali lipat dari modal awal; sebagai uji coba, kamu diberi modal seadanya." (*)

Nah dari ilustrasi tadi, bisa kan kita ngerasain, kalo kita bener-bener bisa manfaatin modal awal kita (dalam hal ini bersyukur pada diri sendiri), semakin banyak keuntungan yang bisa kita dapet. Tujuh puluh kali lipat kawan.., kalo kita punya uang Rp1000,00 bakal dikasih jadi Rp70.000,00. kalo kita punya satu laptop, bakal dikasih 700laptop lagi. nah loe., ga untung gimana kita?? =) *orang sadar dan normal pasti bakalan mau. hehehehe. Bayangin sendiri aja kalo kita bisa manfaatin semua modal yang Allah kasih ke kita kaya tubuh, kecerdasan, kekayaan, amanah, dll trus kita bersyukur dan memanfaatkannya, hmm.. nggak kebayang bakal seneng and bahagianya kita. Bener nggak? and ujung-ujungnya  kita diberi kemampuan lebih dari kemampuan kita yang sekarang (baca:modal) oleh Allah kita tercinta yang kita sayangi.


     Bersyukur berikutnya tuh yang paling sulit, bersyukur sama keadaan fisik. Jujur, saya pun nggak luput akan hal itu. =(, so kita belajar bareng yuk tuk lebih bersyukur lagi akan keadaan fisik dan tubuh kita., =)
"Nah, daripada kamu membenci tubuh kamu yang kegemukan atau terlalu hitam, mending kamu mulai mensyukurinya: menerimanya sebagai modal bagi masa depan kamu". (*)
Tadi malem baru aja liat video yang keren banget tentang seseorang yang akan meninggal 2 tahun lagi. Dengan keadaan agak autis dan berpenampilan apa adanya, tapi dia dapat bermanfaat bagi orang lain dengan membantu secara emosional, fisik dan finansial. Beliau mengasuh tiga anak jalanan (yg satu pencuri, terkena polio *ga bisa jalan, dan terakhir pemulung). Yap, dari situ, kita bisa nilai, kalo seseorang dinilai bukan berdasarkan bentuk luarnya saja, namun dari kontribusi yang dia berikan untuk orang lain. Mbah Einstein aja pernah bilang "Try not to become a man of success but rather to become a man of value". (semoga kita termasuk di dalamnya, amiin y Rabb..)

     "Menghabiskan waktumu untuk mengurusi tubuh sma saja dengan merias sepeda motor tanpa pernah dijalankan. Kamu tak akan sampai pada tujuan.... Syukurilah tubuhmu dengan cara menggunakannya dengan baik" (*). Kalimat tadi dalem banget buat saya. Karena jangan-jangan semua yang saya lakukan emang buat luarnya aja (temen2 biasa bilang PENCITRAAN), tapi dalemnya kaga pernah dipake. Astaghfirullah..., ='(

yah., mungkin temen2 punya pandangan sendiri-sendiri akan kalimat tadi. Intinya, sadar aja kalo sesuatu yang dibuat-buat, ujung-ujungnya ga baik malah ngerusak.


     iosh., Awal to begin dari itu semua, apa lagi kalo bukan mengenal diri sendiri dulu, kenalin fisik (yang ini pasti dah tau lah., jangan sampe kita lupa ama wajah kita sendiri di deretan foto kelas atau klub. hehehe), kenalin hati dan emosi (ini juga pasti ngerti, kalo temen2 lagi marah, malu, sebel, dll. jangan sampe kita nggak tau kalo kita lagi marah sebenernya, hehehe). Dan kurangin banding-bandingin kita dengan orang lain yang berlebihan. Berdoa sama Rabb kita terbaik dan terbijaksana, Allah Azzawajalla tuk membuka dan melunakkan hati kita agar selalu bersyukur pada-Nya. =)

and the last kalo kita lagi BeTe atau kesel sama diri kita, cukup bisikkan:
"Jangan kesel dong, nanti harta kamu jadi musnah" =)
iosh., Semangat tuk mensyukuri nikmat nya., semangat tuk menjadi orang yang bermanfaat, dan Semangat tuk jadi dirimu sendiri. (kamu juga Dit..)
 



(*) Bambang Q-Anees, Pede Aja Lagi; Remaja, Tubuh dan Spiritual,2003

0 comments:

 
Copyright (c) 2010 Bermula dari Awal and Powered by Blogger.