Monday, September 19, 2011

Seharusnya....

Nyaris dua minggu sudah sejak akhir libur lebaran kemarin saya di Bandung. Notabenenya pasti untuk menuhin amanah. Amanah dari orang tua: Kuliah dan amanah organisasi: Pengmasy. Senang itu pasti. siapa sih yang nggak seneng ketemu sama temen yang satu pikiran, satu frekuensi dan satu hati: nyambung tuk bebas ngeluarin unek-uneknya dengan tawa dan canda?

Sholat Jum'at pertama saya setelah libur lebaran dapat sesuatu yang menggugah sekali. Tema khotbahnya (cukup) sederhana: Silaturahim. Tapi ternyata ketika dikaji lebih dalam lagi: kompleks. Dimulai dari keluarga, sampai orang lama yang jarang kita temui: itu silaturahim. Akhirnya saya merasa: saya belum cukup (dan sepertinya masih jauh) dari kata menjaga silaturahim dengan baik. Menyedihkan.

lalo Jet-lag itu kondisi tubuh yang belum bisa beradaptasi dengan baik setelah melakukan perjalanan (biasanya pesawat), mungkin saya juga merasakan hal yang sama. Belum dapat feel kuliah lagi dengan baik. Apalagi dengan kuliah yang sepekan full dimulai dari shift 1 (jam 06.30 a.m). Perbedaan makin terasa.


Sisa amanah (hampir) 4 bulan pun semakin menegaskan kalau pikiran saya sepertinya masih tertinggal di Brebes. Parah. Setidaknya untuk satu minggu pertama. Selebihnya: saya sadar, saya sudah tahun ketiga kuliah di IT Telkom. Bukan suatu hal yang baru lagi kalau deathline dan tekanan bagi seorang mahasiswa tahun ketiga. Seharusnya. Dan pasti sudah menjadi kebiasaan dan punya solusi tersendiri untuk mengatasinya. Seharusnya (lagi). Kegiatan dan pola pikirnya pun sudah mulai mengarah ke satu bidang: Telekomunikasi. (Dan lagi) seharusnya. Softskill yang digembar-gembor dosen dan kampus serta buku-buku pun mulai terbentuk rapi di kehidupan sehari-hari: saat organisasi, kuliah, dsb. Seharusnya (lagi).


Karna seharusnya semua itu bukan hanya dipikirkan dan sampai hati saja.
Aksi yang diperlukan.
Karna kelak, hati dan pikiran (mungkin) tidak akan sejalan dengan aksi.
Aksi yang diminta oleh keadaan sekitar.


Hari ketiga puasa syawal....

0 comments:

 
Copyright (c) 2010 Bermula dari Awal and Powered by Blogger.