Thursday, September 12, 2013

Pra Keberangkatan


Selasa, 20 Agustus 2013
Suasana pagi di Rumah nggak kaya biasanya. Semua sibuk akan berangkat. Ibu jelas, beliau bergegas menunaikan tugas mulianya: nyiapin sarapan, dan lanjut mengajar nanti. Abang: bergegas mau nganter Ade ke stasiun. Pun dia juga bergegas akan ke Semarang, psikotest sambung wawancara kerja. Ade: bergegas ke Bogor. Ngupgrade diri, menunaikan amanah kuliah di kampus impiannya sekaligus menapaki mimpinya. Saya sendiri: bergegas mau ke Semarang. Tujuannya? Paling nyeleneh sendiri. Main. Pfft.

Dengan packing seadanya. Berangkat terburu-buru. Uang? Belum ambil di ATM. Bekal makanan? Apalagi, nggak sama sekali. Cuman restu dan cium tangan Ibu aja yang nggak ketinggalan.

Sengaja saya berangkat pagi untuk mengejar kereta ke Semarang. Jam 9.15a jadwal berangkatnya. Perjalanan rumah stasiun sekitar 1,5 jam. Hey, sekarang jam 7.30a dari rumah. Kekejar kah? Pun dengan kondisi belum ada tiket. Pfft.
Dan lihatlah...masih sempet saya naik kereta. 8.56a purchased a ticket. Sung naik. Dan kereta berangkat jam 9.15a menuju Semarang Poncol.

Pagi itu, rumah langsung sepi. Seketika....
Padahal kemarin masih ada obrolan serius antara anak orang tua. Masih ada candaan khas Ibu. Masih ada 'ngomel-ngomelan' khas Ibu.

Dan, cerita bab baru pun dimulai. Berlibur ke pulau minoritas muslim di negara mayoritas muslim: Bali.

Hari sebelumnya. Senin,19 Agustus 2013
Hari ini berbeda. Tentu. It's Monday. Pagi-pagi, seperti biasa, kami beraktivitas pagi. Bedanya, Si Ibu siap-siap berangkat mengajar. Ya.,hari ini tahun ajaran baru dimulai. Tahun ajaran 2013/14. Libur panjang lebaran selesai. Ayo Sekolah..

.....

Si Ade packing. Besok berangkat ke Bogor dia. Karena itu, saya pun ikutan packing untuk acara liburan saya lusa. Biar si Ade ada temennya. Si Ade beli perlengkapan-perlengkapan, pun saya ikuti dengan hal yang sama. Packing ada temennya ternyata asik juga, ngerasa nggak bakalan pergi sendirian. Haha

....

Bulik datang, ngajakin bikin SIM besok di Brebes. Ini udah wacana lama sih, jadi hari ini Bulik tinggal mastiin aja. Karena ini udah perintah dari Si Ibu, yasudah saya mah ikut aja suruh bikin SIM. Pan malah enak ada temennya.

.....

Siang hari, petugas Telkom datang. Langsung naik DP depan rumah. Hampir sebulan telepon rumah kami nggak berfungsi. Nggak ada idle tone. Ternyata, kabel dari MSAN ke DP daerah saya yg bermasalah. Satu DP mati semua telepon dan internetnya. Kata Bapak-bapak lapangannya sih sudah minta ajuin buat diganti, tapi nyatanya sampe sekarang belum. Karena rumah kami yangg aktif komplain, dan kebetulan sudah (lumayan) kenal sama bapak-bapak lapangannya. Jadilah line telepon kami dipindah pake punya orang. Artinya, orang itu yang gantian nggak dapet idle tone. :) Ini gara-gara anaknya belajar di Telkom, Si Ibu nyuruh saya nemenin bapak-bapak lapanganya. Besok katanya mereka mau kesini lagi. OK, nanti saya temenin lagi.
Koneksi datang, kami pun senang. Kami bertiga: Abang Ade, berebut (sebenernya ga rebutan sih, udah gedhe rebutan mulu) gantian make. Berseluncur, mengunduh dan mengunggah. Aaah..internet, kau begitu kami rindukan seperti halnya kami rindu bertemu Ramadhan lagi. (tapi sepertinya harus lebih rindu ketemu Ramadhan)

PC tetap on sampai malam menjelang tidur, menemani Si Ade yang sibuk packing. Saya mah udah selese (setidaknya untuk hari ini), sekarang lagi sibuk mengunduh. Haha

"...Lih, disana gaul sama orang yang bener. Jangan yang begajulan..." saya denger Si Ibu lagi ngomong serius sama Si Ade. Saya diem dengerin aja, sambil sesekali nimpalin pake ketawa. Haha. Abisnya lucu, Si  Ade diajakin ngomong serius malah becanda., Si Ibu juga jadinya malah tanya yang aneh-aneh..haha. Ya.,walaupun sambil rada ngomel-ngomel, gara-gara nggak serius. Khas ngomel Ibu, Ibu yang punya anak cowo. Tiga lagi. Percayalah, saya pun pernah diobrolin hal yang sama.. Bedanya, saya jadi pendengar setia :)

"Telinga Ibu agak sakit, besok mau ke THT lah" Si Ibu ngobrol saat saya lagi nemenin Si Ade packing di ruang tengah.

PC off, semua ke kamar masing-masing: bersiap tidur.

Sesaat sebelum mata dipejamkan, saya inget sesuatu. Hal yang krusial. Sangat.

"Ya Allah, besok saya berangkat ke Semarang, bukan lusa"
Bego. Bisa lupa seharusnya berangkat besok.
Liat jam. Jam 11p. Percuma ngelanjut packing. Sekarang butuh istirahat buat besok.
Nggak harus saya ceritain gimana janji dan acara untuk besok. Kalian sudah tahu itu.

Ah ya., Allah punya kejutan-Nya sendiri sebagai hadiah untuk hamba-hambaNya... kejutan yang membuat hamba-hambaNya akan kembali bersimpuh malu, sujud syukur, nangis sesenggukan atau malah berlari menjauh..

Dan malam itu, saya memilih bersimpuh malu dan sujud syukur untuk awal liburan ini...

#Ditulis diatas kereta Sri Tanjung menuju Stasiun akhir Banyuwangi Baru

0 comments:

 
Copyright (c) 2010 Bermula dari Awal and Powered by Blogger.